RILIS APLIKASI RKAS TERBARU 2024

Aplikasi RKAS atau yang sering dikenal sebagai ARKAS sudah dirilis ke update terbaru yaitu ARKAS 4.1.5. Aplikasi RKAS versi 4.1.5 ini dipublish pada tanggal 25 Januari 2024 yang lalu. 

Tentunya, pada versi terbaru ini, ada beberapa pembaruan yang telah dilakukan diantaranya berkaitan dengan perbaikan laporan di Buku Buku Pembantu Rincian Objek Belanja, Rincian Belanja Barang Habis Pakai dan Laporan Rekapitulasi Realisasi. 

Selain itu terdapat pembaruan pada perbaikan fitur unduh data apabila satuan pendidkan sudah tutup buku BKU bulan Desember. Aplikasi RKAS (ARKAS) versi 4.1.5 menambahkan notifikasi error ketika aktivasi BKU BOSP Reguler Tahun anggaran 2024. 


Pembaruan pada ARKAS 4.1.5

Berdasarkan laman ARKAS Kemdikbud, berikut Rincian dari pembaruan yang dilakukan :

Perbaikan laporan di Buku Pembantu Rincian Objek Belanja, Rincian Belanja Barang Habis Pakai dan Laporan Rekapitulasi Realisasi agar nilai yang tampil sesuai.

Perbaikan fitur unduh data jika satdik sudah tutup BKU Bulan Desember. Ketika satdik sudah selesai unduh data BKU bulan Desember, maka BKU Desember akan tetap dalam kondisi tertutup.

Penambahan notifikasi error ketika aktivasi BKU BOSP Reguler Tahun anggaran 2024.

Sebagai tambahan informasi, ARKAS versi 4.15 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu versi 4.1.4. Pada aplikasi versi 4.1.4 yang lalu, beberapa pembaruan mencakup :

Penyesuaian tenggat waktu untuk Perubahan dan Pergeseran RKAS, serta Aktivasi BKU untuk semua sumber dana menjadi 25 Juni tahun anggaran berikutnya (T+1).

Penambahan notifikasi informasi bahwa BKU Desember telah dikonfirmasi oleh Dinas pada MARKAS ketika satdik melakukan aksi tertentu.

Perbaikan laporan penatausahaan bagian Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) per sumber dana dan semua sumber dana sesuai nominal dana BOSP salur yang diterima.

Penghapusan notifikasi terkait informasi alokasi belanja honor pada menu Penganggaran - halaman Review Kertas Kerja - opsi Grafik Proporsi untuk sumber dana BOP Reguler jenjang PAUD dan Pendidikan Kesetaraan

Pembaruan - pembaruan ARKAS tentu saja masih akan terus dilakukan, jadi tetap lakukan pembaruan secara berkala. Semoga Bermanfaat.