SOAL AKM LITERASI DAN NUMERISASI SERTA  PEMBAHASANYA

AKM atau singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum adalah kompetensi secara minimum dengan memetakkan sekolah-sekolah di semua daerah Indonesia berdasarkan kompetensi yang dimiliki. AKM menjadi kompetensi dasar dari kemampuan setiap peserta didik atau pengalaman setiap peserta didik. adapun materi AKM meliputi dari aspek literasi atau baca tulis dan literasi numerasi.

Kemampuan membaca suatu bacaan tentu perlu, akan tetapi literasi baca tulis di AKM bukan sekadar membaca saja melainkan harus mampu menganalisis dari suatu bacaan dan mampu mengerti atau memahami isi di balik bacaan. Sedangkan literasi numerasi merupakan kemampuan menganalisis suatu bacaan menggunakan angka-angka. Perlu digaris bawahi, bahwa soal-soal AKM bukan terdiri dari mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan dari kemampuan setiap peserta didik. Dari hal itu, maka guru harus menerapkan konsep literasi untuk menganalisis sebuah materi.


Berdasarkan informasi dari Kemendikbud, semua pelaksanaan AKM di seluruh jenjang akan digelar pada tahun 2021. Setiap jenjang akan dibagi jadwal pada setiap bulannya. Kelas 5 sekolah dasar akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Sedangkan untuk kelas 11 SMA/MA dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021, dan kelas 11 SMK pada awal kedua bulan Maret 2021.

Untuk kelas 8 SMP sendiri akan dilaksanakan pada pekan ketiga bulan Maret 2021. Kemudian dilanjutkan paket C pada pekan keempat. Di awal bulan April 2021, giliran paket A dan B melaksanakan AKM.

Untuk mendapapatkan latihan soal AKM tingkat SD dan SMP dapat di unduh pada link di bawah ini

1. Soal AKM Literasi 

Download 

Download

2. Soal AKM Numerasi 

Download

Download 

Contoh Soal AKM