Download Aplikasi Raport Sekolah Pengerak dan Panduanya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) telah merilis merdeka belajar untuk setiap sekolah penggerak

Program sekolah penggerak ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan SDM, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan mentoring, pengawasan dan binaan dari pemerintah daerah.
Program Sekolah penggerak adalah salah satu program yang mendorong satuan pendidikan (sekolah) untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara holistik untuk mewujudkan profil siswa Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numasi) dan (karakter siswa)

Perubahan ini dimulai dengan peningkatan pendidikan kompetensi kepala (kepala sekolah) dan guru
Selanjutnya, setelah sekolah mampu melakukan transformasi sendiri, sekolah penggerak diharapkan menjadi katalis untuk sekolah lain sehingga kualitas pendidikan sebagai agen perubahan dan dapat terjadi secara luas dan merata di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, dalam implementasi penilaian oleh guru sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran, sekolah membutuhkan alat evaluasi terutama untuk memproses dan melaporkan penilaian siswa yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah penggerak.

Tetapi sampai sekarang, meskipun kurikulum SP telah berjalan hampir 1 semester, belum ada aplikasi pengelohan penilaian yang dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional, meskipun aplikasi diperlukan untuk mengkompilasi dan melaporkan hasil belajar siswa pada akhir semester ini atau disebut dengan rapor siswa sekolah penggerak.

Karena kebutuhan tersebut, seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.PD, M.PD, yang juga merupakan kandidat guru penggerak (CGP) angakatan 4, telah mencoba mengembangkan Aplikasi penilaian yang kemudian diberi nama "Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)". Ini adalah sebuah mahakarya yang luarbiasa bermanfaat buat sekolah penggerak saat ini.

Aplikasi ini dikembangkan sebagai implementasi peran dan aksi nyata rapor sekolah penggerak di lingkungan pendidikan sekolah penggerak.

  Pengembangan aplikasi Rapor SP didasarkan pada studi pengembang tentang pedoman pembelajaran dan penilaian sekolah Penggerak dan pengalaman sebagai pendidik sehingga telah berhasil membuat fitur atau aplikasi yang komunikatif, informatif dan komprehensif (komprehensif) untuk dapat memberikan gambaran umum dari hasil belajar siswa di sekolah penggerak.


Jadi aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi / perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komprehensif dan terintegrasi untuk mengembangkan laporan kompetensi siswa (rapor) di satuan pendidikan baik di SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan program sekolah penggerak.

Secara teknis aplikasi Rapor-SP dirancang terintegrasi dengan aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh SetDitjen Dikdasken. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari aplikasi Dapodik sebagai sumber data / referensi dalam mengelola penilaian data di sekolah.

Selain berintegrasi dengan Dapodik, aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodasi data guru yang belum terdaftar di Dapodik dan dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran lokal tanpa mempengaruhi aplikasi Dapodik.

Dengan membawa moto "dari CGP untuk sekolah penggerak", pengembang telah mendedikasikan aplikasi yang akan digunakan gratis untuk sekolah yang memerlukan aplikasi kartu laporan khusus untuk sekolah penggerak

 

Link Download Aplikasi Rapor-SP
Download Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)

NB : Aplikasi dapat berjalan pada komputer Windows 64 Bit

Video Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor-SP

Sumber : https://paseksmanda.blogspot.com/