1.  Pengertian  dan Sejarah Lopat Jauh

 Secara umum, gerakan melompat dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu lompat jauh dan lompat tinggi. Kedua jenis Lompatan ini dilakukan dengan menggunakan satu kaki tolakan. Namun, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai lompat jauh. 

Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan, dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu : Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air). Gaya-gaya lompat jauh mengatur sikap badan sewaktu melayang di udara. Oleh karena itu teknik lompat jauh sering disebut juga gaya lompat jauh.

BACA JUGA : KLIPING PENJAS MATERI BOLA VOLI

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh adalah salah satu yang sudah sejak olimpiade kuno di yunani, waktu pada sekitar abad ke 13. Pada awalnya untuk olahraga lompat jauh yang diadakan pada olimpiade kuno hanya ditunjukkan sebagai latihan untuk perang. Pada waktu itu adanya munculnya olahraga lompat jauh awalnya untuk melatih ketarampilan prajurit dalam melompati rintangan seperti parit atau jurang.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMkL2QXTAaUwLI_hsgxaTPOupOD3fN32ACE3m1Fsb0wUtB1tQWssTzB0oGsBPe15Dosen6uJJMKOdcSUy4A5DcvjYkbZfhYZUNTcvBPgjS-e5sBcPjR_dmKfkqIQlD0c9g8ECAHB_XYHA/s320/jauh+8.jpg

Pada zaman dahulu lompat jauh itu teknik olahraga yang sangat berbeda dengan saat ini. Ketika itu untuk para peserta lompat jauh hanya diperkenankan untuk melakukan start lari dengan jarak pendek. Selain itu untuk para peserta lompat jauh harus berlari sambil membawa pedang di kedua tangan.

Biasanya dikenal dengan nama halteres dengan berat badan sekitar 1 sampai 4,5 kg. Karena lompat jauh telah dianggap sebagai olahraga yang paling sulit sejak olimpiade kuno, karena ia memerlukan banyak keahlian. Akan tetapi menurut catatan yang dibawa seorang pria yang bernama chionis, berhasil malakukan lompatan sejauh 7, 05 meters

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang di pertandingan pada olimpiade modern sejak tahun 1986. Peraturan lompat jauh ini akan terus diperbaiki sehingga hanya peraturan yang ada ini. Pada waktu itu, tahun 1948 lompat jauh putri akan ditambahkan dengan cabang olahraga di olimpiade.

Karena negara amerika serikat pernah berjaya di cabang perlombaan lompat jauh pada lomba olimpiade tersebut. Waktu itu diadakan dimeksiko pada tahun 1968 dengan catatan rekor yang dilakukan oleh seseorang bob beamon dengan lompatan sejauh 8,90 meter. Kemudian rekor tersebut bisa dipecahkan oleh atlet asal negara amerika serikat yang bernama Mike powell dengan sejauh lompatan 8,95 meter.

2.  Teknik Lompat Jauh

Teknik-teknik yang harus dipejari ketika akan melakukan olahraga lompat jauh diantaranya adalah, teknik awalan, teknik tumpuan, teknik melayang dan mendarat. Berikut ini adalah penjelasannya:

a.  Teknik Awalan


Jumper melakukan ancang-ancang sekitar 20-30 meter dari garis lompat kemudian mendekati garis tersebut sambil meningkatkan kecepatan lari. Namun jumper harus bisa mengendalikan kecepatan lari, terutama di 3-5 akhir sebelum garis lompat dan mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari awalan (gerak horizontal) menuju tolakan/loncatan (gerek vertikal).

b. Teknik Tolakan atau Loncatan


Tolakan adalah tahap dimana kaki melakukan lompatan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum nanti mendarat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwoH3_K31YZCQnMdC2M0AwayAw6eCH3xTu2nQwhAisuQJfq2s5FpIbP57jOeJIHTRQKWWe6jJrFkRD3UW2xps_OdtHioJI9Qgkx8PHz-dxLSk-4QRLlBSoJzsndtug6ZBNDf3M2R7b2Ko/s320/jauh+2.png

Ketika melakukan tolakan, kaki sedikit dibengkokan, kaki ditapakan dan tungkai diluruskan. Gerakan tolakan ini memerlukan kekuatan, kecepatan dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncat.

c. Teknik Melayang

Gerakan kaki seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang, itu akan memudahkan dan memperluas jarak pendaratan anda. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika tubuh jumper berada dalam posisi melayang.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhschMXac0eMMYe0BSdrIBIvFvV6T1hXwtvNnN1t5wET5eG06DJXTl9ZanBP3Y-etbVsjMgSOK3_GV-eqSDfvv0Lnhs8zgsjfHsdPcx_29L9TVpZtUo9moxxUMJitVBNmfCN1aEktw3uAc/s320/jauh+3.png


1. Menjaga keseimbangan badan.

2. Berusaha melayang diudara selama mungkin

3. Mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

d.  Teknik Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan cara menundukan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakan pinggang ke arah depan. Hal ini dilakukan agar ketika proses pendaratan, Anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbVio7uNmBSQXy24jnMJCgUV2ANB4DBIOChEvJNC_rgA063HacZFx278zFnTQklNnZ4g32ZPFgb6R0ma00jvDmhR7KyTjW-WonQEuE-p2xgNQFACPG4Rvtqq5ohiuM0oy61Je8UJtsfPA/s320/jauh3.JPG

Nah, Untuk mengasah 4 teknik lompat jauh diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

a.  Mementukan jarak ancang-ancang yang tepat

b.  Menentukan irama lari awalan

c.   Mengasah dan mencoba beragam teknik tolakan, melayang dan juga pendaratan.

3.  Gaya dalam Lompat Jauh.

Secara umum, ada 3 jenis gaya yang dapat dilakukan pada saat melakukan olahraga lompat jauh, yaitu :

a)  Lompat jauh gaya jongkok (Tack Style/Gaya Ortodock).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdd-1S0JSHp7UOoLx7xGgnXx7YJ1lIa9BlYriCmolYNJ46x8z03luI-2Zx3NwGKroC37aRzwJ4G7E8uRRNreLuqhwFBK5vPdw9pqBjjhyRZcLSi2teIDkAr9DWNkAcM_Mild08QIwbIJM/s320/jauh+4.JPG

Gaya jongkok merupakan jenis gaya lompat jauh yang paling tua dan paling mudah untuk dilakukan. Dikatakan gaya jongkok karena pada saat melayang di udara, atlet hanya melakukan gerakan menekuk kedua kakinya, sehingga terlihat seperti sedang jongkok.

Saat melakukan gaya ini, tolakan yang dilakukan haruslah tepat dan kuat. Pada saat tubuh berada di udara, posisikan tubuh seperti orang yang sedang berjongkok, dengan posisi badan condong ke depan dan tangan dikibaskan ke belakang tubuh sambil mengatur pendaratan yang benar.

 

b) Lompat jauh gaya menggantung (Schnepper Style/Hang Style).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPhoZuGLCPKaCrXCSTWijXzw79yvJ3f2ldQQIwKc5Wlk05yakai5755B3oNK55TrIouph2xxzz2t9Eir2dYHqgFPjq2FCznuZsFL6-ZpESanxcX50oiEpYlpvPSD6D_7F3QOUFNWOLYbg/s320/jauh+5.png

 

Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan disaat melakukan lompat jauh dengan gaya ini, seperti :

  • Lakukan awalan dengan kecepatan maksimal dan lakukan tolakan yang sangat kuat pada papan tolakan.

  • Pada saat badan di udara, usahakan badan melayang selama mungkin di udara serta dalam keadaan seimbang. Posisikan kedua lengan di atas kepala, seperti memegang tali saat berayun.

  • Pada saat mendarat, usahakan mendarat dengan sebaik-baiknya, jangan sampai badan atau tangan jatuh ke belakang karena dapat merugikan atlet. Mendaratlah dengan posisi kedua kaki dan tangan ke depan.

c) Lompat jauh gaya berjalan di udara (Walking in the Air).

Gaya Berjalan di Udara Lompat Jauh

 

Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan disaat melakukan lompat jauh dengan gaya ini, seperti :

Lakukan awalan dengan cara lari cepat pada lintasan dengan jarak 40-45 meter. Kemudian lakukan tolakan pada papan tolakan dengan menggunakan kaki yang terkuat untuk mengubah kecepatan horizontal yang dihasilkan pada saat awalan menjadi kecepatan vertikal.

Pada saat badan melayang di udara, ayunkan kaki ayun atau kaki belakang sekuat-kuatnya ke atas. Selanjutnya lakukan gerakan melangkah di udara dengan melangkahkan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menolak atau menumpu hingga membuat gerakan berjalan di udara.

Lakukan pendaratan yang aman dan tidak menyebabkan cidera. Caranya dengan meluruskan kedua kaki dan tangan bersama-sama ke depan, badan dicondongkan ke depan, dan pada saat tumit menyentuh pasir secara cepat kedua lutut ditekuk.

4.  Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh.

Faktor yang mempengaruhi prestasi lompat jauh menurut Suharto dalam bukunya dalam bukunya "Kesegaran Jasmani dan Peranannya disebutkan :

  • Kecepatan (speed) adalah kemampuan untuk memindahkan sebagian tubuh atau seluruhnya dari awalan sampai dengan pendaratan. Atau bertumpu pada papan / balok sewaktu melakukan lompatan, kecepatan banyak ditentukan kekuatan dan fleksibelitas

  • Kekuatan (Strenght) adalah jumlah tenaga yang dapat dihasilkan oleh kelompok otot pada kontraksi maksimal pada saat melakukan pekerjaan atau latihan dalam melakukan lompatan

  • Daya ledak adalah kemampuan otot dalam melakukan tolakan tubuh melayang di udara saat lepas dari balok tumpu

  • Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan suatu sikap tubuh tertentu secara benar dari awal melakukan lompatan sampai selesai melakukan lompatan

  • Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerakan motorik secara benar

  • Koordinasi adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang atlet untuk dapat mengkoordinasikan gerakan maju dengan kebutuhan naik.

5 Sistem Penilaian Olahraga Lompat Jauh. 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGO20KbKichpsnRCO9YcDsg3YyhtgSiqWnE4TbmxRAdwEakbmdV5npH_Y9bCqMrFUet6ksxHRr8jcvB6HZxU4lDCYMQ0OAzSB62DzrxMU8J3MLkg4FUtEg5zYGal7HupiOCGEFAY_ckyE/s320/jauh+7.jpg

 

Sisitem penilaian pada permainan olahraga ini adalah dengan menggunakan mark. Pengertian mark adalah jarak terdekat yang ditempuh oleh seorang pelompat di ukur dari ujung palang kayu sampai atlit menginjakan kaki pertama kali di area pasir yang telah disediakan. Penilaian akan dihitung dari jarak unujung palang kayu sampai titik akhir atlit mendarat bukan pada awal lompatan. Pelanggaran atau fouls pada lompat jauh dapat dilihat ketika atlit melakukan lompatan melebihi batas ujung palang kayu.

6.  Perkembangan Lompat Jauh.

Olahraga lompat jauh merupakan jenis olahraga yang juga dipertandingkan di Olimpiade Modern yang dilaksanakan pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Waktupun berganti, teknik lompatan kian berkembang untuk mencapat lompatan sejauh mungkin. Rekor lompatan terjauh yang pada jaman dahulu menjadi rekor paling lama, kini sudah diperbaiki. Kejayaan Amerika Syarikat, Bob Beamon dengan lompatan sejauh 8.90 meter dalam Olimpiade tahun 1968 di Mexico telah dipecahkan oleh atlet Amerika Syarikat, yaitu Mike Powell dengan lompatan sejauh 8.95 meter. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT1syeIO0XiPQi3szfveHe3fvbNYowhX3LPrG3Y8cbNkSqlAMriZrzmjrwX2d5G7gmQmEmu4vooCr_p7lFumkI_Ovh-ywF4o3rEo6aKMbwR1_d1OTDy-jB3xv4kP9wl6arhSVyw5PkRXU/s1600/jauh+9.jpg

Dalam sejarah lompat jauh tercatat ada 2 rekor dunia paling lama yang diciptakan oleh Jesse Owens pada tahun 1935, rekor tersebut tidak terkalahkan hingga tahun 1960 yang kemudian dikalahkan oleh Ralph Boston yang berhasil memecahkan rekor tersebut. Dan pada olimpiade musim panas tahun 1968 , Bob Beamon berhasil melompat hingga sejauh hampir 9 meter, sebuah rekor dunia baru yang tidak bisa dikalahkan oleh siapapun hingga tahun 1991. Pada tanggal 30 Agustus 1991, Mike Powell dari Amerika Serikat berhasil mengalahkan rekor dari Bob Beamon dengan selisih jarak 5 cm pada kejuaraan dunia yang berlangsung di Tokyo. Meskipun ada yang mengatakan terdapat beberapa lompatan yang tercatat melebihi 8,95 meter, namun tidak bisa divalidasi karena tidak ada pengukuran kecepatan angina yang bisa dipercaya atau kecepatan angina melebihi 2,0 m/detik. Di sisi wanita, rekor dunia dipegang oleh Galina Chistiyakova yang berasal dari Rusia (dulu Soviet) yang menghasilkan lompatan sejauh 7,52 meter di Leningrad pada tahun 1988.

7. Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Untuk membuat arena olahraga lompat jauh, ada ukuran dan standar sendiri dalam olahraga ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8scE9Qo2k0F3hIEC7hUPtOM2srTvnMO6cG6YBux6mgQQBd1_GE4H3HUvERrM6E6FoDJNB_S8O5x3_DVk0qHOJVDnUo5kaBHll9Lh8DLpQtCiyNMyBsy6agsen_JZyZh1LTrd9JtTZELM/s320/jauh+10.jpg

 

1. Lintasan Lari Awalan

Panjang lintasan standar yang digunakan jumper untuk melakukan ancang-ancang minimum sekitar 40 meter (131 kaki) dengan lebar 1,22 m sampai 1,25 m. disamping kanan dan kiri lintasan kemudian diberi garis putih selebar 5 cm.

2. Papan Tolak

Papan tolak biasanya berbentuk segi empat dan terbuat dari bahan kayu ataupun bahan lain yang sesuai, kemudian di cat warna putih. Kemudian papan tolak disimpan/ditanam sekitar 1 meter dari tepi awal tempat pendaratan dan minimal 10 meter dari tepi akhir pendaratan

b. Papan Tolak

Papan tolak berbentuk segi empat, terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dan di cat putih. Papan tolakan ditanam tidak kurang dari 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan. Jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m.

  • Panjang =1,21–1,22 m

  • Lebar =1,98–2,02 dm

  • Tebal =1,00 dm

Papan tolak ditanam ditanah dan bagian tanahnya rata dengan tanah lintasan. Di belakang garis tolakan/loncatan tersebut kemudian dipasang papan plastisin atau bahan lainnya. yang akan membuat tanda apabila jumper meloncat melewati garis loncatan.

c. Tempat Pendaratan

Lebar dari tempat pendararan lompat jauh minimal 2,175 meter. Bak pendaratan ini diisi dengan pasir yang lembut dan sedikit basah. dan juga permukaannya harus rata dengan permukaan garis loncat.

Untuk Link silahkan download di bawah ini format .DOC

DOWNLOAD